Header AD

Macam-macam Jaringan Komputer

Macam2 jaringan komputer Berdasarkan Media dan Jangkauannya

Pada artikel ini, ane akan membahas mengenai macam2 jaringan komputer, baik dari segi media yang digunakan maupun jaringan komputer dari segi jangkaunnya.

Macam2 Jaringan komputer dari segi Media di bedakan :
1.       Wired/jaringan kabel : Jaringan Koomputer konvensional yang menggunakan media transmisi kabel seperti coaxial, twisted pair atau fiber.
2.       Wireless/Nirkabel : Jaringan Nirkabel merupakan jaringan dengan media transfer data tanpa kabel. Wireless ini sama halnya seperti fungsi ethernet tanpa kabel dimana user berhubungan dengan server melalui modem radio. Salah sati bentuk modem radio adalah PC card yang di gunakan untuk kaptop, bluetooth ifra red device


Macam2 Jaringan komputer berdasarkan Jangkauan

LAN (Local Area Networks)

LAN adalah jaringan biasanya terbatas pada wilayah geografis, seperti sebuah bangunan tunggal atau gedung Jaringan LAN bisa saja sedikit menghubungkan sedikitnya 3 komputer, tetapi LAN sering menghubungkan ratusan komputer yang di gunakan oleh ribuan orang. Pengembangan standar protokol jaringan dan media menyebabkan penggunaan LAN semakin meluas baik untuk kepentingan lembaga2 bisnis, pendidikan, kesehatan dsb.
Jaringan LAN adalah jenis yang paling umum dari jaringan data. Seperti namanya, LAN melayani area lokal Instalasi khas di pabrik2 industri, gedung perkantoran, kampus atau universitas, atau lokasi serupa. Di Lokasi seperti ini layak membangun jaringan yang berkualitas tinggi, link komunikasi node interkoneksi kecepatan tinggi, kecepata Khas transmisi data adalah 1/100 megabit per detik.
LAN memungkinkan penguna untuk berbagi sumber daya pada komputer dalam suatu organisasi, dan dapat digunakan untuk menyediakan akses (shared) kepada organisasi remote melalui sebuah router yang terhubung ke Metropolitan Area Network (MAN) atau Wide Area Network (WAN).


MAN (Metropolitan Area Networks)

Jaringan MAN mengacu pada jaringan komputer dalam Kota. Sebuah Mertropolitan Area Network (MAN) adalah salah satu dari sejumlah jenis jaringan seperti LAN & WAN MAN adalah kelas yang relatif baru dari jaringan, melayani peran yang mirip dengan ISP, tetapi untuk pengguna korporat dengan LAN besar. Ada tiga fitur penting yang membedakan MAN dari LAN atau WAN.
Ukuran jaringan Menengah antara LAN dan WAN. Jaringan MAN biasanya meliputi are seluas antara diameter 5 s.d 50km. Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi MAN, komunikasinya link dan peralatan umumnya oleh salah satu konsorium pengguna atau oleh penyedia jaringan tunggal yang menjual layanan kepada pengguna. Tingkat pelayanan yang disediakan untuk tiap user sehingga haris dinegosiasikan dengan operator MAN, dan beberapa jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan konekasi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.


Wide Area Network (WAN).

Jaringan komputer area luas menggabungkan beberapa LAN yang terpisah secara geografis. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan berbagai layanan LAN menggunakan saluran telepon sewa, saluran telepin dial-up, link satelit dan layanan operator paket data. Jaringan WAN dijalankan dengan modem dapat mengakses atau sebaliknya ke remote server menggunakan routing protokol jhsusu dan filter untuk meminimalkan biaya pengiriman data dari jarak yang luas.
Jaringan WAN biasanya mengacu pada jaringan yang mencakup area geografis l=yang luas dan menggunakan sirkuit komunkiasi untuk menghubungkan node intermediate. Faktor utama yang mempengaruhi desain WAN adalah kinerja merupakan persyaratan sirkuit yang mereka sewa dari perusahaan komunikasi atau operator telepon komunikasi lan=innya. Tingkat transmisi biasanya 2 Mbps, 24Mbps, 45Mbps, 155Mbps, 625Mbps atau bisa lebih.
Banyak WAN telah dibangun, termasuk jaringan paket publik, jaringan perusahaan besar, jaringan militer, jaringan perbankan dan jaringan reservasi penerbangan. Beberapa WAN sangat luas mencakup seluruh dunia, tetapi kebanyakan tidak menyediakan cakupan global. Organisasi pendukung WAN yang menggunakan Internet Protocol dikenal sebagai Penyedia Layanan Jaringan (NSP). Hal ini sama seperti yang membentuk untu dari Internet.


Internet

Jaringan Internet adalah sistem jaringan yang terkait dalam lingkup global dan memfasilitasi komunikasi layanan data seperti remote login, transfer file, surat elektronik, World Wide Web dan newsgroup.
Dengan meroketnya permintaan untuk konektivitas, Internet telah menjadi jalan raya komunikasi bagu jutaan pengguna. Internet awalnya terbatas pada lembaga militer dan akademus, tapi sekarang ini hampir seluruh lapisan telah menggunakannya.


Intranet

Jaringan Komputer dengan kemajuan yang dibuat dalam browser berbasis perangkat lunak untuk Internet, banyak organisasi swasta menerapkan jaringan intranet. Intranet adalahh jaringan privat yang menggunakan jenis alat internet tetapi hanya tersedia dalam organisasi itu, untuk organisasi besar, intranet menyediakan akses mode memudahkan informasi perusahaan ke karyawan. Sebuah intranet termasuk komeksi melalu sati atau lebih komputer gateway ke Internet di luar. Tujuan utama dari jaringan komputer intrnet adalah untuk berbagi informasi perusahaan dan sumber daya komputasi antara karyawan, Intranet juga dapa digunakan untuk memfasilitasi pekerjaan dalam kelompok dan untuk telkonfrensi.


VPN (Virtual Private Network)

VPN menggunakan teknik yang dikenal sebagai tunneling untuk mentransfer data dengan aman  di Internet untuk remote akses server pada jaringan tempat kerja. Menggunakan VPN membantu menghepat uang dengan menggunakan Internet publik, bukan dengan membuat telepon jarak jauh untuk menghubungkan panggilan aman dengan jaringan pribadi anda. Ada dua cara untuk membuat koneksi VPN, dengan panggilan penyedia layanan Internet (ISP) atau hubungan secara langsung.

Perkembangan teknologu informasi dan kebutuhan akan keamanan jaringan komputer memacu para ilmuwan dan praktisi jaringan komputer untuk dapat berkreasi menghasilkan Macam2 Jaringan Komputer.



Macam-macam Jaringan Komputer Macam-macam Jaringan Komputer Reviewed by Topan Alfa on 4:31 PM Rating: 5

No comments

Post AD