Header AD

Cara Membuat Widget Socmed Facebook dan GooglePlus di Blog


Halo para blogger dimanapun kalian berada, kali ini gue pengen share dikit tentang cara membuat widget socmed di blog. Khususnya buat Blogger yang menggunakan Blogcepot, hehe. Langsung aja tanpa bertele-tele kita cekidot...
Pertama-tama dan yang paling utama, marilah kita bersyukur kehadirat Allah S.W.T atas rahmat dan karunianya kita bisa ngeBlog, (lahh ko' jadi ceramah gini gue). Okeh sekarang serius nih.

Pertama kamu pastinya harus udah punya blog dengan platform Blogger dari om Google, Masuk dan login ke Dashboard Blogger kamu. Kalo kamu udah di dashboard Blog kamu, klik menu Layout/Tata Letak yang ada di sebelah kiri dashboard mu. Nanti kamu akan di arahkan ke halaman pengaturan tata letak template Blog kamu.

Sekarang tambahkan widget di bagian layout blogger kamu seperti gambar di bawah

Klik Tambahkan Gadget yang ingin anda buat ada pada layout blog anda, (kalo widget blog gue ingin dibuat di sidebar sebelah kanan).
Nanti akan keluar jendela baru pilihan gadget yang ingin anda buat, dari banyak pilihan yang ada disini kamu cuma pilih satu gadget saja. Pilih HTML/Javascript dan nanti akan keluar halaman form untuk mengisi script yang akan kita gunakan dari widget yang akan dibuat dari Facebook dan GooglePlus anda sendiri.

Sekarang biarkan jendela gadget HTML/Javascript tadi terbuka, sekarang kamu buka Facebook mu sendiri dan Login lah. begitu juga dengan akun Google Plus mu sendiri dan login.

Setelah login dari akun Socmed Facebook dan Google Plus anda. buka halaman Developer Facebook dan Developer GoogleNanti kamu akan di hadapkan dengan halaman seperti gambar di bawah ini

Halaman Facebook Developer

Nah dihalaman ini nanti nya kita akan membuat widget yang nantinya akan di pasang di blog kamu.

Untuk membuat widget like facebook, di halaman facebook developer yang anda buka scroll sedikit ke bawah, disitu ada form yang harus kamu isi untuk meng-generate code script yang akan dipasang pada widget blog yang tadi ingin kamu tambahkan.

- Pada form Facebook Page URL : isikan link Facebook Page kamu sendiri
contoh : https://www.facebook.com/BlogTopanAlfa
- Pada form width & height itu : isikan ukuran widget yang akan kamu pasang di widget kamu (sesuaikan dengan lebar default sidebar kamu
contoh : width untuk blog gue: 300 dan untuk height nya: 200
- Untuk checkbox option yang lainnya terserah kamu,
  • Show Friend's Faces gunanya untuk memperlihatkan photo fans yang like fan page mu
  • Hide Cover Photo gunanya buat hilangin cover gambar yang ada di fanspage facebook mu
  • Show Page Posts berguna untuk perlihatkan postingan yang ada di fanspage facebook kamu
setelah semua form dan opsi checkbox udah kamu pilih, klik tombol Get Code, nanti akan keluar jendela box yang telah men-generate code Javascript dan HTML, untuk code yang ke 1 itu adalah code Javascript dan yang ke 2 adalah code HTML

untuk kode javascript yang tadi, copy kan ke index template blog kamu. taro code javascript itu setelah tag <body>

untuk kode HTML nya copy dan paste ke konten yang ada di jendela gadget yang mau ditambahkan tadi sekalian beri judul untuk gadget yang anda pasang.

okeh sampai situ tahan dulu, jangan buru2 di save/simpan.

Kita buka lagi halaman Google Developer yang tadi kamu buka,


di halaman Google Developer tersebut ada beberapa opsi yang bisa kamu gunakan untuk di taruh di widget socmed kamu.

Disitu ada opsi seperti berikut:
- Pengguna Google+ : pilih user yang kamu jadikan badge di widget blog
- Fitur : Ikon(hanya menampilkan ikon G+) dan Lencana(menampilkan photo profile dan nama anda)
- Tata Letak : Potrait (menampilkan badge dengan cover profile dan photo kamu) & Lanskap (menampilkan profile badge secara simple
- Lebar : terserah anda
- Tema Warna : Gelap dan Terang
- Bahasa : Pilih Sendiri
Opsi Lanjutan : Dinamis & Uraikan Tag

Nantinya code Javascript dan HTML nya akan otomatis ter-generate di sebelah kanan dan dibawah preview badge G+ anda.

taro lagi script tadi seperti menaruh script facebook fanspage kamu setelah semua code sudah di taruh di gadget yang tadi akan di tambahkan.
Kalo udah seperti gambar di atas, baru deh kamu save dan simpan setelan/save setting di halaman tata letak/layout kamu.

Sekarang buka halaman utama blog kamu sendiri, dan lihat hasilnya.
Hasil dari blog gue sendiri

Okeh itulah tadi sedikit Cara Membuat Widget Socmed Facebook dan GooglePlus di Blog sendiri, semoga dengan adanya widget socmed tersebut jadi bertambah fans dan follower Facebook dan juga Google+ kalian, blog gue juga mudah2an (curhat dikit).

Semoga bermanfaat share ilmu yang tadi gue berikan, Keep Blogging Guys.


Cara Membuat Widget Socmed Facebook dan GooglePlus di Blog Cara Membuat Widget Socmed Facebook dan GooglePlus di Blog Reviewed by Topan Alfa on 1:03 PM Rating: 5

No comments

Post AD