Header AD

Tizen OS: Penantang baru Android











TIZEN merupakan proyek open source, sebuah platform software berbasis standar yang ada (Linux Foundation, W3C, Khronos Group, dll) yang didukung oleh operator seluler, produsen perangkat IT & elektronik, dan pemasok silikon/semikonduktor terkemuka di dunia. Samsung dan Interl bekerja sama untuk membuat sebuah sistem operasi yang nantinya akan menjadi tandingan Android. TIZEN merupakan sistem operasi yang inovatif, serta aplikasi yang baik, membuat pengalaman pengguna dan konsumenpun dapat menikmatinya dari perangkat yang satu ke perangkat yang berbeda.

Tizen Association telah dibentuk untuk memandu peran industri dari TIZEN, termasuk pengumpulan persyaratan, identifikasi dan fasilitasi pelayanan model, dan pemasaran industri serta pendidikan secara keseluruhan.


Proyek TIZEN berada dalam naungan Linux Foundation dan diatur oleh Kelompok Pengarah Teknis (Technical Steering Group/TSG). Kelompok Pengarah Teknis adalah badan pengambilan keputusan utama untuk proyek open source, dengan fokus pada pengembangan platform dan pengiriman, bersama dengan pembentukan kelompok kerja untuk mendukung perangkat secara vertikal.


TIZEN menyediakan lingkungan yang kuat dan fleksibel untuk para pengembang aplikasi, berdasarkan teknologi Web (HTML, JS, CSS) dan C/C++ untuk aplikasi native. Dengan kemampuan HTML5 yang kuat dan fleksibilitas lintas platform, maka akan dengan cepat menjadi lingkungan pengembangan yang lebih disukai untuk aplikasi dan layanan mobile. TIZEN SDK dan API memungkinkan pengembang untuk menggunakan HTML5 dan teknologi web terkait untuk membuat aplikasi yang berjalan di beberapa segmen perangkat.

Beberapa perangkat elektronik bisa di aplikasi kan menggunakan Sistem Operasi ini.
Contoh nya :
Smartphone
Teknologi smartphone TIZEN termasuk user interface yang fleksibel dan powerful, 3D window effects, multimedia canggih, framework layanan berbasis lokasi (LBS), framework sensor, dan kemampuan multi-tasking serta multi-touch. Selain itu, dukungan untuk resolusi layar yang scalable berarti bahwa platform ini dapat memberikan pengalaman pengguna yang konsisten di berbagai jenis handset dan form factor.

Tablet
TIZEN menawarkan user interface yang dioptimalkan untuk layar sentuh untuk tablet dengan suite dari aplikasi built-in untuk browsing web, personal information management (PIM), dan konsumsi media.

PC
TIZEN akan menyediakan fitur yang luas, peningkatan kinerja, dan pengalaman pengguna yang kaya untuk PC maupun laptop. TIZEN sangat ringan, scalable, booting yang cepat, sistem operasi ternama, dengan dukungan yang  canggih untuk sentuhan dan konektivitas.

In-Vehicle Infotainment (IVI)
Sistem In-Vehicle Infotainment adalah perangkat yang memberikan navigasi, hiburan, dan layanan komputasi jaringan di kendaraan, seperti mobil, truk, pesawat, dan bus. Platform software In-Vehicle infotainment dari TIZEN dirancang untuk memungkinkan kemampuan internet dan pengalaman multimedia yang kaya untuk kendaraan.

Smart TV
TIZEN untuk Smart TV memberikan open standards-based Linux stack yang lengkap, yang telah dioptimalkan untuk perangkat hiburan di rumah, seperti Blu-ray player, set top box, dan TV digital.  TIZEN dirancang untuk pengalaman Internet TV yang terhubung, memungkinkan pengguna untuk menikmati akses ke beberapa aplikasi, layanan, dan media pribadi, semuanya sambil menonton TV.

Berikut video yang menampilkan bagaimana OS Tizen ini berjalan di smartphone



Oke sekian dulu gan Info yang bisa ane share, moga bermanfaat buat kalian.
Terima Kasih

Sumber Tizen Indonesia
Tizen OS: Penantang baru Android Tizen OS: Penantang baru Android Reviewed by Topan Alfa on 9:09 AM Rating: 5

No comments

Post AD